Skip to main content

PBB

Asaalamualaikum wr.wb
Sekarang saya mau share tentang PBB. Langsung bisa dibaca aja ok ;) Cape kalo diceritain 


PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya mencakup hampir seluruh negara di dunia. PBB didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional.
Badan ini merupakan pengganti LigaLiga Bangsa dan didirikan setelah perang dunia IIuntuk mencegah terjadinya konflik serupa. Pada saat didirikan, PBB memiliki 51 negara anggota; saat ini terdapat 193 anggota.
Markas PBB terletak di Manhattan, New York City, dan memiliki hak ekstrateritorialistas. Kantor utama lain terletak di Jenewa, Narirobi, danWina. Organisasi ini didanai dari sumbangan yang ditaksir, dan sukarela dari negara-negara anggotanya.

Tujuan PBB adalah :
  • Menjaga perdamaian dunia.
  • Mengembangkan hubungan bersahabat di antara bangsa-bangsa.
  • Bekerja sama untuk membantu rakyat untuk hidup lebih baikmelenyapkan kemiskinan, penyakit dan buta aksara di duniamenghentikan perusakan lingkungan dan mendorong penghormatan terhadap hak-hak dan kebebasan manusia.
  • Menjadi pusat untuk membantu bangsa-bangsa mencapai tujuan tersebut di atas.
Prinsip atau asas-asas yang melandasi kinerja PBB, yaitu:
  • Semua negara anggota PBB memiliki kedaulatan yang sederajat.
  • Semua negara anggota PBB harus mematuhi piagam PBB.
  • Negara-negara harus berusaha untuk menyelesaikan perselisihan mereka dengan cara damai.
  • Negara-negara harus menghindari penggunaan kekerasan atau ancaman untuk menggunakan kekerasan.
  • PBB tidak boleh campur tangan di dalam masalah dalam negeri manapun.
  • Negara-negara anggota perlu membantu PBB.
Sistem PBB
Sistem PBB berdasarkan lima organ utama (sebelumnya enam, Dewan Perwalian dihentikan operasinya pada tahun 1994) :

  1. Majelis Umum
  2. Dewan Keamanan
  3. Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC)
  4. Sekretariat
  5. Mahkamah Internasional.
Baru segini nih yang bisa saya posting, :) Thanks ya buat kunjungan blog nya :) Ditunggu komen nya yaa, boleh juga minta kunjungi balik blog kalian ;))

 

Arigatou^^ Konbawa Minna ;)


B



Comments